Kerja Sambil Kuliah ≠ Kuliah Sambil Kerja

Berdasarkan pengalaman saya dan mungkin hanya pembenaran saya saja, tapi inilah pendapat saya :). Ketika mindset kita pertama kali memutuskan kerja terlebih dulu kemudian disambi untuk kuliah untuk mencari gelar (katakanlah begitu) hasilnya akan beda dengan ketika kita kuliah dan kerja hanya sebagai sambilan, part time istilahnya, buat nambah-nambah uang saku mungkin.

Meskipun kerja part time kita kenyataanya adalah untuk kelangsungan hidup kita tapi mindset awal kita adalah untuk kuliah bukan untuk bekerja, atau bisa dikatan kerjanya untuk bayar kuliah. Ahhh.. kenapa jadi ribet gini, ga papa deh, saya tulis yang ada dipikiran saya aja, biarin yang baca pada mumet :D. Ok lanjut…

Kalau yang Kerja Sambil Kuliah, kuliahnya untuk dapet ijazah supaya ntar lebih bisa kerja yang baik (gaji, posisi dan kenyamanan tentunya sebagai tolak ukur). Tapi bagai jika ditengah kita kuliah kita uda mulai nyaman dengan posisi kita atau bahkan kita mikir ijazah udah ga ada gunanya lagi, meskipun saya lulus sebagai sarjana tapi itu nggk akan kepake. Jadi gimana donk kalau udah diposisi kayak gitu… :P. Beda kan kalau Kuliah Sambil Kerja, targetnya memang  lulus kuliah meskipun kerjaan sambilan kita udah buat kita nyaman dan bisa menghidupi kita tapi pada awalnya kita uda men-set niat untuk menomor satukan Kuliah dari pada Kerja. Namanya aja Kuliah sambil Kerja.

Selain itu pemilihan universitas juga berbeda dari kedua keadaan itu, dan jelas mempengaruhi juga untuk jalan kedepannya :D. Kalau yang Kerja sambil Kuliah pasti milihnya universitas yang “dianggap” gampang lulusnya. Tapi kalau yang Kuliah sambil Kerja itu piliha universitasnya nggk akan setengah-setengah pasti pilih yang bagus sekalian. Dan dari situ pertemanan juga berbeda lho, kalau yang Kerja sambil Kuliah kebanyakan temannya ya yang udah kerja, ada sih yang sepantaran tapi ada juga yang uda bapak-bapak atau ibu-ibu :D. Tapi dari situ pengalaman tentang kehidupan mungkin banyak didapat dari bapak ibuk yang udah banyak meresakan asam garam :D. Kalau yang Kuliah sambil Kerja teman-temannya pasti seangkatan atau nggk jauh-jauh lah umurnya. Muda-muda? Pasti. Modis-modis? Pasti. Hedonis? Pasti :D.

Tapi menurut teman yang uda lulus kuliah dan merasakan Kuliah sambil Bekerja, kita bakal ngrasain jaman-jaman kuliah yang memorable itu disitu. Kamu bakal bisa cerita banyak ke adekmu, anakmu atau mungkin cucumu tentang kejadian-kejadian dikampus yang menurut saya memang sangat ngangenin ketika lulus kuliah nanti (efek diceritain dan hanya bisa ngebayangin 😐 ).

Ok, jadi gimana donk harusnya? Kuliah sambil Kerja atau Kerja sambil Kuliah? Ya terserah sih, uda gede masak ga bisa milih, hehehe, becanda. Kalau menurut saya sih, ga tau benar apa salah jangan setengah-setengah deh, kalau mau kuliah dan mampu, mampu semuanya ga cuma duit tapi juga pikiran mending cari yang bagus sekalian. Bisa kerja part time kalau pengen kerja, atau freelance apa gitu. Semua ilmu sekarang bisa dipelajarin karena uda ada internet, pokoknya nggk males (padahal saya muales banget XD ). Jadi saya lebih milih Kuliah sambil Kerja kalau misal waktu bisa diputer :D. Pokoknya jangan terburu-buru atau ngikut-ngikut pilihan orang. Coba cari informasi dulu sedetail mungkin, daripada nyesel belakangan :).

Yahh.. mungkin ini cuma unek-unek saya aja, kalau ada yang ga setuju sama pendapat saya sah-sah aja, ini juga di lihat dari kaca mata saya saja, ga pinjem orang lain koq, swear! (^,^)V

Leave a Reply

