Satu Tahun Bersama Orang-orang Keren

Tidak terasa saya uda bekerja selama setahun dengan orang-orang yang selama saya menjadi freelancer saya belum pernah bekerja sama dengan orang-orang seperti ini. Sebenarnya secara teknis pekerjaan sebagai front-end tidak jauh beda dengan apa yang saya lakukan sebelumnya. Yang berbeda adalah ketika kita bekerja dengan tim yang melibatkan banyak orang. Proses pembuatan website pun tidak sesingkat seperti yang biasa saya kerjakan. Ketika ada seorang yang tidak setuju dengan konsep, design atau copywriting, mereka harus berdiskusi lagi sampai semua cocok.

Oh ya, saya mau cerita flashback sedikit awal mula saya bisa bekerja salah satu design studio yg berkantor pusat di Singapore dan punya kantor juga di Jakarta. Tanggal 24/04/2012 saya mendapat email dari Creative Director sekaligus founder dari design studio itu. Dia secara to the point mengatakan kalau butuh bantuan untuk membangun web yang dia bangun sekarang, urgent! Dan Dia mengajak untuk chat via skype. Hari itu terjadi pembicaraan tentang website yang sedang mereka bangun. Selama 3 hari kita masih membicarakan soal teknis sekaligus soal salary. Dan akhirnya kita mencapai kesepakatan tentang sistem dan salary yang saya terima. Masa percobaan selama 2 bulan akan menentukan kelanjutan kerjasama saya dengan mereka. Setelah 2 bulan tak disangka ternyata mereka merasa cukup puas dengan kerja saya, dan saya diperbolehkan kerja secara remote :D.

Di sini saya bekerja langsung dengan para marketer yang sebagian besar mengerjakan copywriting untuk website yang sedang kita bangun. Saya merasa inilah hal yang menarik saat bekerja dengan para marketer+copywriter, mereka harus memutar otak untuk merangkai kata-kata sehingga pesan yang usung tersampaikan kepada pembaca. Selama ini saya hanya bersentuhan dengan dummy content semacam lorem ipsum, sehingga tidak terlalu memikirkan betapa penting real copywriting dalam website.

Mungkin karena mereka menjual barang bukan menjual jasa jadi cara memasarkannya pun terlihat begitu nyata. Dan secara tidak langsung saya juga belajar dari sana.

Selama setahun bekerja dengan mereka saya belajar banyak hal, termasuk hal diluar per-frontend-an yang membuat saya senang bekerja dengan mereka. Ada terbesit keinginan saya harus punya produk nyata sehingga saya bisa menerapkan apa yang selama ini saya pelajari di sana. Semoga saya tidak hanya bisa belajar hal-hal baru tapi juga bisa memberikan yang terbaik buat mereka.

Anyway mereka juga uda memberi saya hadiah berupa produk yang merek buat, itu membuat saya merasa lebih dihargai :D.

Leave a Reply

