Mengembalikan Fokus

Beberapa minggu ini atau kurang lebih sebulanan ini saya merasa sangat kurang produktif. Hasil yang saya capai tiap hari ga sebanyak biasanya bahkan bisa dikatakan sedikit. Banyak faktor personal sih yang mempengaruhi itu semua, banyak hal ga penting yang saya pikirin. Duduk boleh manis di depan laptop, uda kayak kerja serius aja, tapi isi browser yang dibuka pada ga jelas semua, dan yang paling sering dibuka lagi ada Yorufokurou, kemudian update status ga penting. Huh! Benci sendiri ngerasain diri saya saat itu, dan sekarang pun masih belum pulih sempurna sih, kadang kemalasan masih memegang kendali penuh atas hati, jiwa dan raga.

Merasa nggk ada kerjaan saya bisa berleha-leha browsing ga jelas di depan laptop, padahal sebenarnya to-do-list juga masih numpuk, dan misal to-do-list itu uda dicentang semua masih ada PR pribadi sebenernya yang harus diselesaiin. Beberapa hari ini saya mencoba untuk mengembalikan fokus, diantaranya dengan;

  1. Melimitasi jumlah tab saat mengerjakan to-do-list.  Saya mencoba untuk tidak membuka hal lain yang tidak ada hubungannya dengan to-do-list yang saya kerjakan pada saat itu.
  2. Mulai berinteraksi dan berbaik-baik kembali dengan Carrot, si to-do-list app yang bisa dikatakan kayak cewek. Karena dia bisa ngambek kalo dicuekin, nggk ngisi to-do-list tiap hari, nggk nyelsein to-do-listnya. Dia juga bisa baik hati koq, kalau naik level ada beberapa reward yang dia kasih. Jadi kalau pengen si Carrot marah, saya harus tiap hari mengisi to-do-list dan menyelesaikannya. Karena sebenarnya tiap hari juga bakal ada hal yang harus kita kerjakan, sarapan misalnya. Hal sepele kayak gitu pun kadang saya masukin ke to-do-list kalau misal saya bingung mau isi apa :D.
  3. Mematikan notifikasi di Mac dan tidak membuka Yorufokurou saat mengerjakan to-do-list. Ini termasuk yang paling berpengaruh untuk mengembalikan kefokusan saya. Kara twitter bagi saya uda kayak pacar aja yang harus disapa tiap saat, meskipun cuma buat bilang “Hae..”. Cih! -,-

Dalam postingan saya sebelumnya saya merasa waktu itu berlalu sangat cepat. Dan sangat celaka sekali kalau saya hanya melakukan hal yang sia-sia tiap hari. Ada satu hal yang sangat ingin saya capai kali ini dan jangan sampai tahun berganti saya belum menyelesaikan apa yang saya ingin capai ini. Sebenernya terlalu lebay kalau sampai ganti tahun saya belum bisa menyelesaikan tugas saya satu ini. Karena sebenarnya cukup simple namun harus menentang kemalasan dan memang membutuhkan pemikiran yang harus out of the box. Apa itu? Saya ingin me-rebranding seorang nizamilputra. Seorang yang ga cuma tunduk pada perintah dan lupa akan dirinya selama ini. Dan orang lain pun bakal melihat saya hanya orang biasa2 aja karena tidak ada kontribusi nyata yang bisa dilihat oleh orang banyak. Yang saya rasakan sih itu. Semoga saja saya tetap fokus dan bisa meraih semua yang saya impikan. Aamiin :).

*eh anyway, setiap akhir postingan saya kebanyakan mengandung doa ya.. hehehe. Coba aja baca semuanya.

Leave a Reply

