H – 1

Dan.. Akhirnya kita uda diujung bulan ramadhan 1434H. Uda ngapain aja?

Kabarnya sih kita bakal ngerayain hari raya Idul Fitri bareng, meskipun puasanya kita nggk bareng. Ya paling nggk kita bisa sungkem-sungkeman bareng nanti. Dikeluarga besar saya ada 2 kubu, NU dan Muhammadiyah. Makanya kalau pas beda hari raya gitu agak ga enak-enakan. Kalau ditanya saya milih mana, saya ngikut pemerintah aja. Sebenernya saya juga agak ga begitu suka ikut sana atau ikut sini, kenapa ga bersatu aja sih. Ya mungkin banyak alasan sih, tapi uda ga usa dibahas disini. 🙂

Yang saya alami selama ramadhan ini adalah waktu bener-bener berlalu begitu cepat, ga kerasa seperti baru kerja beberapa jam di depan laptop tiba-tiba uda mau maghrib aja. Ada rutinitas lain yang saya lakukan setelah sholat subuh dan tadarus dan sebelum melanjutkan tidur, yaitu baca novel Muhammad – Lelaki Penggenggam Hujan. Ini novel keren banget, bikin rindu akan kehadiran beliau dan bikin tambah sadar kalau Muhammad itu bener-bener manusia tanpa cacat fisik maupun hati, dan yang membawa kita ke jalan yang benar. Karena rutinitas tiap pagi itu tiba-tiba nyletuk lagu pendek yang tercipta dari mulut dan gesekan senar gitar saya :).

Uda didengerin? Ok balik lagi ke Ramadhan yang akan berlalu dalam hitungan jam ini. Merasa rindu? Serius? Apa yang kalian rindukan dari Ramadhan? Yang pasti saya merasa banyak orang baik yang muncul didunia ini. Masjid penuh ketika sholat malam digelar. Bagaimana jika Ramadhan selalu datang setiap bulan? Mungkin orang jahat lama-lama akan hilang dan penuh kebaikan di dunia ini.

Apalagi yang kalian rindukan akan kehadiran Ramadhan? Mau tidak mau kita pasti rindu sih. Ramadhan menjadi pemeran utama penghubung Syawal yang menjadikan momen kita bertemu lagi dengan keluarga dan pulang dari perantauan.

Semoga kita masih bisa bertemu dengan Ramadhan tahun depan 1435H dengan menjadi diri yang lebih baik dari sekarang dan lebih bisa memanfaatkan waktu di bulan Ramadhan tahun depan dengan hal-hal baik. Aamiin.

Leave a Reply

