Review: Something Borrowed (2011)

something-borrowed

Bagi kalian yang menyukai komedi romantis dan ringan mungkin ini salah satu film yang cocok untuk kalian lihat. Sesuai dengan taglinenya “It’s A Thin Line Between Love and Friendship”, film ini menceritakan tentang cinta dan persahabatan yang sepertinya sering terjadi dalam kehidupan nyata kita.

Berawal dari surprise party yang diberikan oleh Darcy (Kate Hudson) kepada sahabat baiknya Rachel (Ginnifer Goodwin) diulang tahun yang ke 30nya di suatu pub/Kafe. Disana datang teman-teman Darcy dan Rachel sekaligus sahabat kecil mereka Ethan (John Krasinski) dan juga teman sekampus Rachel yang sekarang menjadi tunangan dari Darcy, Dex (Colin Egglesfield). Dex juga mengajak Marcus (Steve Howey), temannya yang kocak karena sering bersikap aneh.

Rachel dan Darcy bersahabat sejak mereka anak-anak hingga saat ini. Darcy seorang yang periang yang lengkap dengan suara kerasnya setiap saat dia bicara. Sedangkan Rachel adalah seorang yang cukup pemalu dan sering mengalah demi sahabatnya Darcy. Saat ulang tahun Rachel, Darcy menceritakan kepada semua orang yang datang tentang masa-masa kecilnya hingga sekarang bersama Rachel. Darcy juga mengumumkan kalau dia akan menikah dengan Dex beberapa saat lagi.

Pestapun usai dan semua orang sudah kembali ke tempat mereka masing-masing. Saat Rachel dan Ethan mencari taxi untuk pulang tak sengaja mereka bertemu Dex yang kembali lagi ke Kafe tempat mereka berpesta tadi. Dex kembali untuk mencari tas dari Darcy yang sepertinya tertinggal disana, dan Rachel memutuskan untuk menemani Dex mencarinya. Seusai menemukan tas Darcy, Ethan mengajak Rachel untuk minum sebentar dan berbincang tentang masa-masa lalu mereka ketika mereka kuliah. Di sana terlihat kalau dulu mereka pernah saling suka namun mereka tidak saling mengungkapkan. Dan karena terlibat obrolan yang canggung, mereka memutuskan untuk pulang ke rumah masing-masing. Sayangnya mereka tidak bisa menutupi rasa ketertarikan masing-masing sehingga mereka bercinta di rumah Rachel karena pengaruh minuman.

Kejadian itu membuat Rachel dan Dex merasa bersalah terhadap Darcy. Tapi tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena Darcy tidak terlalu curiga karena Dex menghilang saat dia bilang untuk mencari tasnya yang tertinggal di Kafe. Beberapa hari setelah kejadian tersebut, Darcy mengajak teman-temannya untuk berlibur ke suatu tempat yang dekat dengan pantai dimana Claire (Ashley Williams) sudah menunggu disana.

Semakin hari perasaan dan hubungan terlarang antara Rachel dan Dex semakin terjalin. Rachel pun menjadi pencemburu saat Darcy bersama dengan Dex hingga dia membuat sandiwara dengan membuat suatu cerita hubungan palsu antara Marcus dan Dia hingga Ethan dan Dia. Hingga pada tanggal 4 Juli Dex memutuskan untuk mengajak Rachel weekend bersama dan tidak disangka mereka bertemu dengan orang tua Dex di jalan. Ayah Dex (Geoff Pierson) sudah bisa menebak kalau ada hubungan antara Dex dan Rachel, Dia pun menyuruh Dex untuk mengakhirinya segera.

Ethan ternyata juga sudah mengetahui tentang hubungan terlarang dari Rachel dan Dex. Sebagai sahabat karib Rachel dia tak ingin Rachel mengalami sakit hati karena ini. Ethan menilai dia terlalu sering mengalah dengan Darcy. Dan ini saatnya untuk memberikan penegasan kepada Dex apa dia memang benar-benar suka dengan Rachel dan mau menjalin hubungan serius dengan Rachel dengan membatalkan pernikahannya. Namun sayangnya Rachel masih bersi keras tidak mau menyatakan itu kepada Dex. Rachel masih ingin melihat Dex dan Darcy menikah meskipun sakit hatinya.

Hingga suatu hari di pantai, Dex, Darcy dan Ethan, Rachel terlibat dalam game, semacam bulutangkis pantai, dengan taruhan siapa yang kemasukan dia akan mengungkapkan rahasia pasangan lawan. Dan Ethan hampir saja mengungkapkan rahasia antara Rachel dan Dex, sebelum akhirnya Rachel memukul Ethan dengan Raket miliknya hingga pingsan.

Mungkin karena celotehan Ethan yang marah karena dipukul raket dan nasehat-nasehat Ethan sebelumnya agar dia mengungkapkan perasaanya kepada Dex, pada suatu malam Rachel memutuskan untuk menegaskan hubungan yang selama ini terjalin antara Dia dan Dex. Namun sayangnya semua itu tak seperti yang diharapkan, Dex mengatakan dia tidak bisa membatalkan pernikahannya dan meneruskan hubungan dengan Rachel.

Hari demi hari Rachel semakin galau dengan semakin dekatnya hari pernikahan Dex dan Darcy. Rachel memutuskan untuk pergi mengasingkan diri ke London, dimana Ethan tinggal sekarang, sementara hari pernikahan Darcy tinggal seminggu lagi. Ada perbincangan antara mereka berdua yang cukup mengejutkan. Ternyata selama ini Ethan menyukai Rachel, dan saat itu juga dia mengatakannya kepada Rachel. Mungkin karena terlalu nyaman dengan persahabat mereka dan Rachel juga masih mencintai Dex, Rachel hanya tersenyum ketika Ethan mengungkapkan semua perasaannya kepadanya.

Pada akhirnya Rachel memutuskan untuk kembali ke rumah dan memutuskan untuk menghadiri pernikahan Dex dan Darcy karena dia memandang Darcy adalah sahabat sejatinya. Saat dia sampai di depan rumah, Dia melihat Dex sudah menunggunya disana. Dan Dex bilang kepada Rachel kalau dia sudah membatalkan pernikahannya dengan Darcy beberapa jam sebelum itu, karena dia ingin menjalin hubungan dengan Rachel. Tak disangka beberapa saat kemudian Darcy sudah ada di depan pintu sehingga membuat Rachel dan Dex bingung. Dex pun memilih bersembunyi di dapur. Kemudian Darcy masuk dan dia menceritakan bahwasanya Dia telah membatalkan pernikahannya dengan Dex, Darcy tidak tampak terlalu kecewa atau marah dengan keputusan itu. Dan dia pun menceritakan hal yang sebenarnya terjadi antara Dia dengan Marcus, tentang perselingkuhannya dengan Marcus dan saat ini dia sudah hamil anak dari Marcus.

Setelah bercerita panjang lebar tentang perselingkuhannya dengan Marcus dan bagaimana Marcus sebenarnya, Darcy memutuskan untuk pulang. Namun tak sampai 1 menit Darcy kembali lagi dan menyadari bahwa Dex ada di dalam rumah Rachel karena jas Dex yang tergeletak di kursi dekat dengan pintu rumah Rachel. Dia pun mencari Dex di setiap sudut rumah Rachel dengan penuh amarah. Akhirnya Dex muncul dari dapur dan Darcy merasa sangat dikhianati oleh sahabatnya sendiri, dia marah besar dan tidak mau berbicara lagi dengan Rachel.

2 bulan kemudian Rachel dan Darcy bertemu di persimpangan jalan. Mereka tampak canggung dengan pertemuan itu. Tapi Rachel mengungkapkan kerinduannya terhadap sahabatnya itu. Darcy hanya tersenyum dan dia merasa baik-baik saja dengan kondisi ini dan kehamilannya. Rachel pun senang mendengar itu semua.

Kita tidak tahu apa hubungan mereka membaik setelah pertemuan itu? Yang pasti Dex dan Rachel melanjutkan hubungan mereka. Dan.. oops, jangan keburu mematikan laptop/dvd player setelah film ini selesai. Ternyata masih ada sedikit adegan yang bikin kita penasaran di menit-menit akhir setelah credit title. Terlihat Darcy pergi ke London memanggil-manggil Ethan yang pada saat itu sedang ngobrol dengan teman-temannya. Dan Ethan pun tampak menghindar dengan berpura-pura tidak mendengar panggilan Darcy dengan lari menjauh darinya.

Apa yang dilakukan Darcy di London? Apa dia memang ingin menemui Ethan? Atau ada rencana lain? Kita tunggu saja kisah selanjutnya. 🙂

Juga diposting di MoviegoersMLG

IMDB ratings:  5.7/10 from 34,417 users

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s