Pilih Mana?

Sering kali kita kesulitan memilih jika dihadapkan dengan 2 pilihan yang sama-sama berat. Kali ini sebenarnya 2 opsi yang harus dipilih itu sudah umum diperbincangkan, dan saya pun sebenarnya juga sering mengalami. Pilih uang atau kenyamanan?

Kalian juga pasti pernah mengalami kan? Bagi orang seperti saya, yang kadang selalu butuh pertimbangan saran dari orang lain ketika memilih, masalah seperti ini sering menjadi beban buat saya. Apa lagi saya termasuk orang yang dalam bahasa jawanya “sungkan” atau ga enakan, apa lagi sama teman.

Beberapa orang berpendapat lebih baik memilih kenyamanan dari pada dapet duit besar tapi kerjanya ga sepenuh hati. Sebagian lagi orang rela mengorbankan kenyamanannya demi mendapat yang lebih besar, karena mungkin ada tuntutan dibalik itu. Sepengamatan saya orang yang rela mengorbankan kenyamanannya dan mau bekerja dengan posisi dan keadaan yang membebani hatinya suatu saat bakal ada pada posisi puncak yang memaksa mereka berontak dari posisi itu dan mencari kenyamanan.

Bagaimana dengan orang seperti saya yang terlalu sibuk dengan rasa “sungkan”nya? Ini sifat yang seharusnya sama sekali tidak boleh dipelihara. Kita akan terjerumus dalam sikap yang sama sekali tidak tegas atau bisa juga tidak punya pendirian. Kadang saya juga masih memikirkan hasil yang besar dibalik ketidaknyamanan itu, tapi perasaan tidak sepenuh hati tentunya ikut membuntut dibelakang yang makin lama makin dekat.

Dalam posisi seperti ini, saya merasa yang saya butuhkan adalah pihak luar yang bisa mendukung dan meyakinkan saya untuk meninggalkan posisi itu. Tapi saya kadang merasa kenapa saya harus butuh orang lain untuk membuat keputusan? Tapi nyatanya memang begitu. Ya memang karena kita ini makhluk sosial, tapi apa saya ini terlalu sosial sampai-sampai saya selalu butuh saran orang lain untuk membuat keputusan? Entah lah.

Jadi pilih mana? Uang atau kenyamanan?

Leave a Reply

