Harus Punya Gaji Berapa?

Apa mungkin karena sifat manusia yang tidak pernah puas? Sehingga kita diperintahkan untuk qanaah. Namun pada praktiknya memang sulit untuk qanaah. Saya pun sering merasa seperti itu, apa yang sudah saya dapatkan rasanya tidak pernah cukup, ingin menambah lagi dan lagi. Kadang saya berfikir bagaimana jika nanti tiba-tiba saya tidak punya uang seperti yang saya dapatkan sekarang sedangkan pengeluaran saya makin lama makin banyak? Hal seperti itu sering kali saya takutkan. Mungkin dengan kita qanaah dan tidak berlebihan kita bisa menerima apapun yang Allah berikan kepada kita.

Teringat twit dari Asep;

//platform.twitter.com/widgets.js

“Duit segitu ga cukup lah kalau udah berkeluarga. Gue cuma bersikap realistis”, ada juga yang bilang kayak gitu. Ya memang sih kalau sudah berkeluarga kita mungkin butuh pendapatan yang lebih banyak dan atau lebih stabil. Tapi dibalik hal-hal yang realistis kita juga harus percaya kekuasaan dan kemuarahan yang Maha Kaya. Bukannya saya mencoba menceramahi atau bagaimana, dalam praktiknya pun saya bisa dibilang kadang saya masih mengenyampingkan hal-hal seperti itu dan bersifat terlalu realistis. Sama-sama belajar dan sama-sama mengingatkan lah ya :).

Leave a Reply

