Jazz Traffic, Konser 3 Panggung

Jazz Traffic 2013

Tanggal 24 Desember kemaren saya bersama teman-teman 4 orang dari Malang pergi ke Jazz Traffic di Grand City Surabaya. Kita cukup excited  karena ini kali pertama kita nonton acara konser jazz-jazz an kayak gini, yang bintangnya juga wuih keren-keren gila. Ada BLP, Raisa, Tulus, Andien, Glenn Fredly, Balawan, Eva Celia bersama Ayahnya (Indra Lesamana) dan masih banyak lagi musisi-musisi jazz keren disana.

Dalam konser jazz ini mungkin berbeda dengan konser yang biasa saya lihat biasanya, perbedaannya adalah waktu perhelatan dan jumlah panggung. Di konser yang biasa saya tonton, konser paling lama dilaksanakan selama 6 jam karena ada acara lain dibalik acara inti (bintang utama), bintang utama mungkin cuma 2 jam. Tapi disini konser dilaksanakan selama 12 jam, dari jam 12 siang sampai 12 malam, meskipun kemarin agak molor dikit. Dengan jumlah artis yang kurang lebih ada 18 orang dengan 12 jam waktu perhelatan, mereka mendirikan 3 panggung di tempat yang berbeda. Karena tidak mungkin hanya 1 panggung dengan waktu setiap musisi bermain adalah kurang lebih 1 jam, maka panggung yang didirikan lebih dari satu, dan para penonton bisa memilih mana yang mau mereka tonton. Ya ini mungkin sama seperti Java Jazz yang biasa ada di Jakarta.

Saat menonton Jazz Traffic saya belajar beberapa hal, karena ini baru pertama kali saya nonton konser yang beginian;

  1. Jangan lupa bawa kamera digital, kalau bisa sih DSLR. Karena kalau cuma ngandalin kamare handphone nggk akan greget nglihat hasilnya. Dan yang pasti baterai handphonemu bakal cepet habis, apalagi yang pakai smartphone.
  2. Jangan lupa bawa powerbank. Kalian pasti pengen ngetweet kan? update status? check in? atau cuma sekedar komunikasi sama pasangan diluar atau kalau ga punya pasangan ya komunikasi sama temen-temen kalian kali aja kalian keselip dan ada di tempat yang berbeda. Nah power bank ini alat vital yang mesti kalian bawa. Saya sempet kehabisan daya powerbank saya juga karena ga di charge sampai full pas berangkat. Akhirnya saya nebeng dicolokan soundman, dan nonton Tulus dari belakang (selain memang kaki saya gempor, uda capek berdiri terus).
  3. Jangan lupa bawa airminum di tas. Ketika kalian uda ada di depan panggung atau mungkin uda ada dilingkungan panggung pokoknya, dan ngereasa haus ditengah-tengah artis kesukaan kamu lagi nyanyi lagu favorit kamu juga, ga mungkin kan kamu tinggal keluar hanya sekedar buat beli minum. Nah ini harus kalian siapkan sebelumnya, kalau bisa bawa 2 botol, yang kecil maksutnya bukan air mineral yang 2 liter. Kalau itu mah 1 botol aja cukup.
  4. Identifikasi semua panggung. Nah ini juga pernting sih, awal kalian datang kalian harus tau dimana letak panggung-panggung itu. Kemaren saya sama temen-temen nggk tau dimana letak salah satu panggung, akhirnya kita melewatkan aksi Eva Cellia :|.
  5. Gak usah kecewa ga bisa nonton semua artis, kecuali kalau memang kalian bisa membelah diri. Ini konser 12 jam bro, dan kalian suka dengan semua artis kemudian selalu pengen hadir di setiap performance mereka dan pengen selalu berada didepan panggung. Kalau saya kayaknya ga sanggup, lagipula juga ada jadwal yang mereka mainnya bareng. Jadi pilihlah dengan bijak artis mana yang pengen kalian tonton.
Hae Raisa
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s