Menyalahkan Keadaan

Seringkali kita mengumpat (baik itu di sosial media atau dunia maya) dan menyalahkan keadaan karena ada sesuatu yang tidak bisa kita terima. Saya sendiri masih sering melakukan hal itu. Namun setelah ada obrolan dengan Pacar (yang sering kali menasehati saya macam-macam) dan saya juga ikut merenungkan, menyalahkan keadaan itu salah banget.

Ya memang semua pada bilang dan tahu kalau jangan kalian menyalahkan keadaan. Kenapa? Toh meskipun kita tahu kita masih saja sering menyalahkan.

Dari obrolan semalam dan renungan saya, saya menarik kesimpulan bahwa sebagai manusia hidup kita punya resiko atas segala apa yang kita emban. Entah itu sebagai ayah, sebagai karyawan, sebagai pemain bola, sebagai orang yang sedang makan pun ada resikonya masing-masing. Oleh karena itu kita harus paham dengan segala resiko-resiko tersebut. Nah dari sini saya tahu kalau memang menyalahkan keadaan itu hal yang sia-sia. Kalau kita tidak mau menerima resiko tersebut kita harus melepaskan profesi/kegiatan yang mengakibatkan resiko itu. Tidak mau cidera, ya jangan jadi pemain bola. Tidak mau dicuekin, ya jangan pacaran sama fan fanatik bola. Sesimple itu sebenernya. Tapi apa kita harus menghindar terus ketika kita menjumpai resiko yang kita sama sekali tidak suka? Resiko itu selalu ada, tidak semua resiko harus kita hindari, bahkan harus kita hadapi.

Leave a Reply

