Daycare

Sebuah postingan yang mengandung kegundahan tingkat tinggi bagi keluarga saya. Bahkan mungkin keluarga lain yang ingin membesarkan anak mereka sendiri, dengan jerih keringat mereka sendiri karena merasa sangat berharganya seorang anak, sehingga kita pun ingin melindunginya dengan seluruh jiwa raga kita. Bisa juga dikatakan sulit percaya pada orang lain.

Sudah 6 bulan lebih, saya dan istri merawat anak kami sendiri, dibulan-bulan awal ada bantuan dari beberapa saudara dekat karena kita masih awam bagaimana mengurus bayi. Semenjak pindah ke rumah sendiri, kita mengurus anak tanpa ada bantuan dari orang lain. Pekerjaan saya pun bisa dikatakan berubah menjadi Full Time Baby Sitter , karena istri pagi sampai sore bekerja di kantor.

Harapan saya, saya masih bisa menyambi kerjaan dengan momong Ramona, tapi pada kenyataannya itu sulit. Saya masih sulit membagi waktunya. Mau bekerja total di malam hari kadang sudah kalah dengan capeknya.

Hal itu yang membuat kita berpikir untuk menitipkan anak di Tempat Penitipan Anak atau Daycare. Kenapa tidak hire Baby Sitter saja? Ada beberapa alasan;

  1. Banyak testimonial buruk tentang Baby Sitter, bahkan terjadi di Malang juga
  2. Hire tetangga? Tanpa kompetensi yang cukup saya takut anak saya salah asuh.

Alasan kenapa memilih Daycare?

  1. Ramona tidak sendirian disana, dia bisa berinteraksi dengan teman-teman dan pengasuhnya. Di rumah pun kadang lebih sering saya tontonin Youtube karena saya harus melakukan hal lain buat mengalihkan perhatiannya. Itu salah!
  2. Pengasuh disana punya kompetensi untuk mengasuh anak secara benar.

Jadi kenapa ga langsung dimasukin ke daycare aja? Nggk segampang itu juga, kita masih harus milih-milih daycare mana yang baik buat Ramona. Bukan asal capcipcup. Pencarian daycare juga nggk 1-2 hari kita lakuin. Kurang lebih sebulan lalu kita juga uda survey ke beberapa daycare. Dan udah sempet juga 1 minggu ditinggal di daycare buat percobaan. Dan menurut kita memang kurang cocok juga disana. Alasannya kurang tenaga pengasuh.

Sekitar 1 bulan yang lalu kita mulai mencari daycare lagi. Dan ada 1 daycare yang menurut kita pas, pas jaraknya karena tidak terlalu jauh dengan rumah, pas kondisi tempatnya juga.

Dan hari ini adalah hari pertama Ramona main di daycare.

Gimana rasanya? Masih ada yang kurang rasanya, karena selama 6 bulan lebih dia selalu sama saya. Sekarang cuma saya  aja yang ada di rumah. Tapi ini juga demi kebaikan keluarga; Saya, Istri dan Ramona.  Semoga Ramona betah dan bertambah ilmunya di daycare. Dan semoga ini menjadi pilihan tepat bagi keluarga kami. Aamiin.

Leave a Reply

